BERBUAT BAIK TERHADAP DUA ORANG TUA (4)

. . Tidak ada komentar:
AKHLAQ  DALAM  AL QUR’AN ( 6 )

BERBUAT  BAIK  TERHADAP  DUA  ORANG  TUA (4)

Segala puji bagi Alloh Yang telah menciptakan manusia yang bermula dari personal  yang hanya satu , lalu Ia ciptakan pasangannya , maka lahirlah anak dan cucu yang amat banyak, yang semuanya dilahirkan atas kesengsaraan ibu dan kebingungan ayah lalu hidup dan tumbuh dewasa atas kasih sayang Alloh dan dua orang tua ( ibu dan ayah ) yang senantiasa memelihara dengan penuh kesabaran . 

Rahmat ta’dzim serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Junjungan kita Nabi agung Muhammad SAW , Guru muthlaq nan tak pernah diberi gaji dan tiada pernah mengharapkan gaji kecuali atas Alloh , Guru yang membimbing ummat untuk berbakti kepada ibu dan ayahnya serta mengingat jasa dan kesengsaraan mereka  dengan segala upaya  dan perhatian agar ummatnya selamat di dunia dan di akhirat.

Al Qur’an Surat Ibrahim ( 41 )

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ
Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mu'min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)".

Ayat di atasa adalah teladan yang baik yang dilakukan oleh Nabi Ibrohim AS dalam berbuat baik terhadap kedua oranag tua , sebagaimana do’a Beliau yang diterangkan dalam    ayat lain yaitu :
Al Qur’an Surat Asy Syu'araa (86)

وَاغْفِرْ لِأَبِي إِنَّهُ كَانَ مِنَ الضَّالِّينَ
Dan ampunilah bapakku, karena sesungguhnya ia adalah termasuk golongan orang-orang yang sesat,
Kita di printah oleh Alloh untuk mengikuti jejak Nabi Ibrohim , sebagaimana dituturkan dalam  Al Qur’an Surat An Nahl (123)
ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ
Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.

Nabi Nuh dalam do’a permohonan ampun , Beliau juga menyertakan orang tua serta para tamu dan orang-orang yang beriman.  

Al Qur’an Surat Nuh (28)

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا
Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman