BERBUAT BAIK TERHADAP DUA ORANG TUA (1)

. . Tidak ada komentar:
AKHLAQ  DALAM  AL QUR’AN ( 3 )

BERBUAT  BAIK  TERHADAP  DUA  ORANG  TUA (1)

Segala puji bagi Alloh Yang telah menciptakan manusia yang bermula dari personal  yang hanya satu , lalu Ia ciptakan pasangannya , maka lahirlah anak dan cucu yang amat banyak, yang semuanya dilahirkan atas kesengsaraan ibu dan kebingungan ayah lalu hidup dan tumbuh dewasa atas kasih sayang Alloh dan dua orang tua ( ibu dan ayah ) yang senantiasa memelihara dengan penuh kesabaran . 

Rahmat ta’dzim serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Junjungan kita Nabi agung Muhammad SAW , Guru muthlaq nan tak pernah diberi gaji dan tiada pernah mengharapkan gaji kecuali atas Alloh , Guru yang membimbing ummat untuk berbakti kepada ibu dan ayahnya serta mengingat jasa dan kesengsaraan mereka  dengan segala upaya  dan perhatian agar ummatnya selamat di dunia dan di akhirat.

Al Qur’an surat  Luqman ( 14 )

وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Alloh menyertakana syukur kepadaNya dengan syukur kepada orang tua ( ibu dan ayah ) dalam beberapa ayat yang banyak .

Syukur kepada Alloh adalah merasakan banyaknya ni’mat dan kasih sayang yang diberikan oleh Alloh , lalu berterima kasih dan mencintai Alloh dengan melakukan taat atas perintahNya dan menjauhi semua laranganNya .

Maka syukur kepada orang tua adalah merasakan banyaknya ni’mat dan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua , lalu berterima kasih dan mencintai mereka dengan melakukan taat atas perintah orang tua dan menjauhi semua larangan mereka .

Hal-hal yang dapat mendorong anak untuk bisa bersyukur kepada dua orang tua ( ibu dan ayah ) antara lain adalah :
1-      Mengetahui nama ayah dan ibu
2-      Mengetahui nama kakek dan nenek serta bapak dan ibu mereka sampai ke atas
3-      Mengetahui kesengsaraan ibu ketika melahirkan dan menyusui serta memelihara anaknya ketika masih kecil
4-      Mengetahui pekerjaan dan mengerti jerih payah orang tua / ayah dalam bekerja mencari nafkah untuk ibu dan anaknya
5-      Memahami printah Alloh dan Rasululloh dalam hal berbakti kepada orang tua
6-      Berfikir dan melakukan apa yang semestinya ia perbuat terhadap orang tua                (menolong/membantu, melayani, melindungi, memberikan apa yang ia punya, dsb.)
7-      Melakukan sikap apa yang semestinya dilakukan untuk orang tua ( ketika dipanggil , ketika menghadap , ketika orang tua datang , ketika ayah dan ibu sedang makan atau berbicara dsb )
8-      Berdo’a kepada Alloh untuk kebaikan orang tua


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman