BERJALAN DENGAN SOPAN DAN BERBICARA YANG HALUS

. . Tidak ada komentar:
AKHLAQ  DALAM  AL QUR’AN ( 11 )

BERJALAN DENGAN SOPAN DAN BERBICARA YANG HALUS
وَاقْصِدْ فِي مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِن صَوْتِكَ إِنَّ أَنكَرَ الْأَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيرِ

Dan sederhanalah kamu dalam berjalan  dan  lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai. (Luqman 19)

Orang berjalan itu ada yang sangat lambat ( leha – leha, tengok ke kana dan ke kiri ) seperti orang yang sedang bertamasya, ada yang cepat  tergesa – gesa ( dalam bahasa Jawa : nyludur )  seperti orang yang sedang menyusul keluarga karna ada kematian, ada yang berjalan sambil membuka dada  dan gaya berlagak , ada yang membungkukkan  badan  seperti  petinju  yang  akan  main  tinju, ada  yang  biasa – biasa ( sedang-sedang, tegak lurus agak membunguk, kepala agak merunduk ) .

Demikian pula orang berbicara itu ada yang memakai suara yang keras padahal yang diajak bicara itu sehat tidak tuna rungu, ada yang keras ditambah kasar pula, ada yang mengagetkan,  ada yang menyakitkan hati ( mengandung penghinaan ), ada yang  halus  sopan dan enak didengar .

Orang yang baik budi yang berakhlaq mulya adalah orang yang bisa berbuat              tengah – tengah  atau  sedang – sedang  dalam berjalan maupun  ber suara ( tawadlu’, rendah hati dan selalu mengucapkan salam atau menyambut orang lain dengan menyenangkan ) .

Dalam ayat lain  surat :                                        
Al Furqaan (63)

وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا
Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan   di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan  kata-kata  (yang mengandung)  keselamatan.

Semoga kita dikaruniai akhlaq yang mulya oleh Alloh , sopan santu dalam berjalan juga sopan santu dalam berbicara dan ber kata-kata .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman