BERSYUKUR KEPADA ALLOH

. . Tidak ada komentar:
AKHLAQ DALAM ALQUR’AN ( 2 )

BERSYUKUR  KEPADA  ALLOH


وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ وَمَن يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ
Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji". ( Luqman 12 )

Hikmah adalah ilmu yang bermanfaat yang dapat membawa pemiliknya ke jalan yang bijak dan pandai berfikir tentang ni’mat Alloh , sehingga ia pandai bersyukur kepadaNya.

Bersyukur adalah berterima kasih dengan ucapan , memuji dan merasakan dengan hati bahwa pemberian ini semua adalah dari Alloh semata , lalu mengerjakan yang baik dengan kaki dan tangan serta anggauta badan.
Contoh  : “ Kita diberi MATA oleh Alloh “ , Mulut  kita selalu membaca Alhamdulillah atas paemberian berupa mata tersebut ,  Hati kita selalu ingat  bahwa ini adalah karunia Alloh yang amat mahal harganya ,  Anggauta kita  ( mata tersebut ) kita gunakan untuk beribadah, melihat Al Qur’an, melihat tulisan dan hal-hal yang bermanfaat, memandang kepada sesama makhluq Alloh dengan pandangan yang menyenagkan.
 Contoh lain :  “ Kita diberi MULUT  oleh Alloh “,  Maka mulut kita selalu baca Alhamdulillah  atas  pemberian  berupa mulut  tersebut ,  Hati kita selalu ingat bahwa ini adalah karunia Alloh yang amat mahal harganya , Anggauta kita ( mulut tersebut) kita gunakan untuk beribadah , membaca Al Qur’an , membaca sholawat , istighfar dan dzikir, berbicara yang baik atau diam .
Ketika kita memiliki  MATA , HIDUNG , TELINGA , MULUT , dan SELURUH ANGGAUTA BADAN  serta  KESEMBUHAN dan KESEHATAN , lalu kita tidak membaca Alhamdulillah, Hati kita tidak prnah ingat bahwa itu semua anugrah Alloh yang amat mahal harganya,  Anggauta badan kita tidak kita gunakan untuk beribadah bahkan kita gunakan untuk  ma’shiat  kepada Alloh , maka itu namanya  mengufuri ni’mat  .


            Semoga Alloh menjadikan kita semua hamba-2 yang beriman dan bersyukur kepadaNya , semoga ridlo Alloh senantiasa menyelimuti kehidupan kita .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman