DISUNNATKAN BERANGKAT SHOLAT JUM'AT PAG-PAGI BENAR

. . Tidak ada komentar:
DISUNNATKAN BERANGKAT SHOLAT JUM'AT
PAG-PAGI  BENAR  ( AL MINHAJUL QOWIM : 88 )

ADA HADITS YANG ARTINYA :

Siapa saja mandi pada hari Jum'at lalu pergi ke tempat sholat Jum'at pada jam PERTAMA maka seolah-olah ia melakukan qurban ONTA dan siapa saja pergi ke tempat sholat Jum'at pada jam KEDUA  maka seolah-olah ia melakukan qurban SAPI dan siapa saja pergi ke tempat sholat Jum'at pada jam KETIGA  maka seolah-olah ia melakukan qurban KAMBING dan siapa saja pergi ke tempat sholat Jum'at pada jam KEEMPAT  maka seolah-olah ia melakukan qurban ANGSA dan siapa saja pergi ke tempat sholat Jum'at pada jam KELIMA  maka seolah-olah ia melakukan qurban AYAM dan siapa saja pergi ke tempat sholat Jum'at pada jam KEENAM  maka seolah-olah ia melakukan qurban TELUR.

Syekh Syihabuddin Ahmad Ibnu Hajar Al Haitami menerangkan dalam kitab Al Minhajul  Qowim  Hal. 88  bahwa :

Alokasi jam pemberangkatan sholat Jum'at adalah dimulai dari terbit fajar hingga tertgelincir matahari. Jadi prakiraan mulai kurang lebih jam 04.00 wib dini hari  hingga kurang lebih jam 12.00 siang hari dibagi 6.

Maka  :
Jam pertama yang mendapat ke afdloan seolah-olah melakukan qurban ONTA  adalah orang yang berangkat sholat Jum'at pada jam 04.00 – 05.20.

Jam kedua yang mendapat ke afdloan seolah-olah melakukan qurban SAPI  adalah orang yang berangkat sholat Jum'at pada jam 05.20 – 07.40.

Jam ketiga yang mendapat ke afdloan seolah-olah melakukan qurban KAMBING  adalah orang yang berangkat sholat Jum'at pada jam 07.40 – 09.00.

Jam keempat yang mendapat ke afdloan seolah-olah melakukan qurban ANGSA  adalah orang yang berangkat sholat Jum'at pada jam 09.00 – 10.20.

Jam kelima yang mendapat ke afdloan seolah-olah melakukan qurban AYAM  adalah orang yang berangkat sholat Jum'at pada jam 10.20 – 11.40.

Jam keenam yang mendapat ke afdloan seolah-olah melakukan qurban TELUR  adalah orang yang berangkat sholat Jum'at pada jam 11.40 – 12.00.

KITA BOLEH BERNAFAS PANJANG
DENGAN MEMBACA SUBHANALLOH.

JADI SEJAK DULU SAMPAI SEKARA INI
KITA HANYA MELAKUKAN QURBAN TELUR.

DAN TELURNYA JUGA BUKAN TELUR YANG BESAR
MUNGKIN TELUR  AYAM  JAWA YANG KECIL-KECIL
SEBAB  BERANGKAT  KITA  LEBIH  DARI  JAM  11.40.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman