MEMBENTUK KADER PENERUS YANG KUAT

. . Tidak ada komentar:
AKHLAQ  DALAM  AL QUR’AN ( 19 )
MEMBENTUK  KADER  PENERUS  YANG  KUAT
An Nisaa (9)

وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُواْ مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُواْ عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللّهَ وَلْيَقُولُواْ قَوْلاً سَدِيدًا
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.

Manusia hidup di dunia pada saatnya nanti pasti mengalami mati, dan kematian itu datang dengan tanpa dapat diterka secara pasti, ada yang masih muda sudah mati, ada yang telah tua bangka baru mati,  ada yang masih jejaka atau gadis sudah mati, ada yang telah menjadi janda atau duda baru mati ,  ada yang baru menikah sudah mati, ada yang telah lama menikah baru mati, ada yang belum  punya keturunan sudah mati, ada yang sudah mempunyai keturunan kemudian mati .

Manusia yang berakhlaq mulya disamping mempunyai kesadaran yang tinggi bahwa semua yang ada adalah terjadi atas qudrat dan iradah, ia senantiasa mempersiapkan sebab sebelum datang  akibat, dalam istilah lain,  sedia payung sebelum hujan, maka sebelum datang kematian, ia siapkan keturunan sebagai penerus perjuangan yang tidak lemah, tetapi yang kuat dalam aqidah dan syari’ahnya,  kuat dalam ma’isyah perekonomiannya, kuat pula dalam fisik atau kesehatannya .

Untuk mencapai prihal tersebut di atas, Alloh SWT menyediakan  2 sarana usaha atau ikhtiyar :
1-      Taqwa kepada Alloh SWT       2-   Berbicara dengan ucapan yang benar

1-      Orang yang taqwa kepada Alloh diterangkan sifat-sifatnya dalam surat Ali Imran (17)

الصَّابِرِينَ وَالصَّادِقِينَ وَالْقَانِتِينَ وَالْمُنفِقِينَ وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالأَسْحَارِ

 (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang selalu ta'at, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah termasuk membekali anak sekolah), dan yang memohon ampun di  waktu  sahur .

2-      Berbicara dengan ucapan yang benar diterangkan dalam surat  Thaahaa (44)  

فَقُولَا لَهُ قَوْلًا لَّيِّنًا لَّعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَى

Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut,       mudah-mudahan  ia  ingat  atau  takut .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman