MENJAUHI PRASANGKA , MENCARI KESALAHAN ORANG , MENGGUNJING

. . Tidak ada komentar:
AKHLAQ  DALAM  AL QUR’AN ( 16 )
MENJAUHI  PRASANGKA , MENCARI KESALAHAN ORANG , MENGGUNJING

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.                     (Al Hujuraat12)

Banyak macam dan ragam prestiwa dalam hidup ini , ada keburukan , ada kebaikan,     ada kesedihan ada kegembiraan,  ada yang dirundung kemiskinan ada yang dipenuhi dengan kekayaan , ada yang diblenggu dengan kehina dinaan , ada yang dihiasi dengan  kemulyaan, semua itu adalah simponi kehidupan yang menjadikan  keindahan  makhluq  ciptaan  Alloh  Yang  Maha  Kuasa .

Begitu pula halnya Alloh menciptakan manusia , banyak pula ragam-macamnya, ada yang dihiasi dengan akhlaq yang baik , ada yang ditempeli akhlaq yang buruk , semuanya  dilengkapi dengan beberapa indra baik indra lahir maupun indra batin  agar dapat menerima secara semi sempurna akan anugrah Alloh yang tidak dapat dihitung banyaknya juga dapat bersiap siaga akan datangnya peristiwa yang bakal menimpa kepadanya .

Indra lahir sebagai alat komunikasi lahir melalui  :  peraba , perasa , pencium , penglihat dan  pendengar , sedangkan indra batin sebagai alat komunikasi batin melalui jiwa , hati , akal dan nafsu , termasuk didalamnya adalah prasangka baik dan prasangka buruk .

Orang yang berakhlaq baik selalu membentengi diri agar jauh dari :
1-      Prasangka buruk terhadap sesamanya , kendati pun prasangka itu termasuk alat komunikasi batin yang berfungsi sebagai  payung pelindung disamping do’a sebelum datangnya  keburukan  orang , sebab dari prasangka buruk , lahirlah keinginan untuk
2-      Mencari-cari kesalahan  orang  dan  setelah  itu  akan  terjadi  pula
3-      Menggunjingkan  satu  sama  lain 

Kita dilarang  oleh Alloh SWT untuk melakukan 3 hal tersebut sebab itu semua termasuk penyebab tidak harmonisnya kehidupan sesama muslim lagi pula sangat mengotori hati yang semestinya  harus  bersih  ketika  kita  ingin  mendapatkan  ridlo  Alloh  SWT.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman