SELALU RUKUN DAN DAMAI TERHADAP TEMAN

. . Tidak ada komentar:
AKHLAQ  DALAM  AL QUR’AN ( 14 )

SELALU  RUKUN  DAN  DAMAI  TERHADAP  TEMAN
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. ( Al Hujuraat 10 )

Alloh SWT menciptakan manusia serta binatang-binatang di dunia ini beberapa macam jenisnya dan berbeda-beda karakter da instingnya, akan tetapi semua mempunyai keinginan  yang sama yaitu keinginan untuk berkumpul, mengarungi hidup dan bergaul dengan sesama   jenis dan klompoknya, mereka merasa tenang  dan tentram ketika berkumpul dengan sesama klompoknya, mungkin karna sama-sama jenisnya atau sama-sama nasibnya,

suatu ketika    mereka bina rasa cinta dan kasih sayang antar pribadi untuk menyalurkan  kebutuhan biologis,  suatu ketika mereka bina pula kerukunan untuk menyelesaikan sesuatu tugas  yang  dianggap  perjuangan,  mereka  merasa  kesepian  jika  berpisah  dari  sesamanya.

Walaupun demikian kadang-kadang juga mereka dapatkan pula rasa bosan untuk berkumpul,  rasa enggan untuk bertemu, ibarat pepatah Jawa  “ kumpul kangkepen, pisah kanyepen, tego larane ora tego patine “ sehingga banyak ditemui seseorang bertengkar     dengan sesama saudaranya, berperang melawan bangsanya sendiri, adu domba terhadap sesamanya, menghina dan meremehkan dan lain sebagainya yang menjadi penyebab adanya permusuhan yang kadang-kadang sampai terjadi bunuh-membunuh . 

  Orang yang berakhlaq yang baik adalah orang yang  rukun terhadap kawan se agama, kawan se bangsa, kawan sesama manusia, mereka bisa bekerja sama dengan sesamanya, mempererat hubungan antara mereka dengan ukhuwah atau persaudaraan antara muslim    dengan muslim, antara muslim dengan non muslim se bangsa atau se negaranya, antara sesama manusia dengan melakukan  sebab-sebab  adanya  kerukunan dan kedamaian .

Hal tersebut dapat dilakukan manakala seseorang :
1-      Mengetahui  cara untuk bisa rukun dan damai
2-      Mengetahui  manfaat dan faidah kerukunan dan perdamaian
3-      Mampu melaksanakan cara-cara tersebut
4-      Mampu berlapang dada dan menahan emosi ketika terjadi pertentangan
5-      Selalu ingat bahwa Alloh memerintahkan hamba-hambaNya untuk menciptakan kerukunan dan  perdamaian serta persaudaraan
6-      Melakukan kerukunan atas dasar taqwa kepada Alloh SWT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman