DEFINISI TASHOWWUF

. . Tidak ada komentar:

DEFINISI  TASHOWWUF
Pengambilan  ta'bir  dari  Kifayatul  Atqiya'  halaman  3 - 4
Sayyid Abu Bakar bin Sayyid Bakri Al Makki bin Sayyid Muhammad Syatho Ad Dimyathi
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1-    Ismu  / Nama ilmu  :  TASHOWWUF
2-    Had / Planggerannya : ialah ilmu yang mempelajari tentang keadaan nafsu dan sifat-sifatnya yang tercela dan yang terpuji.
3-    Maudlu' / Obyeknya : Nafsu dilihat dari apa yang ditampilkan untuknya dari beberapa keadaan dan beberapa sifat.
4-    Tsamroh / Buahnya :  Mendapat sarana untuk mengosongkan hati    dari hal-hal selain Alloh dan menghias hati dengan menyaksikan   Dzat Yang Maha Raja Yang Maha Pemaaf.
5-    Hukum / Hukumnya : Wajib 'ain atas setiap orang mukallaf karna sebagaimana wajib belajar ilmu yang membersihkan lahir maka wajib pula belajar ilmu yang membersihkan bathin.
6-    Fadlel / Keutamaannya :  Menggungguli semua ilmu dipandang dari segi bahwa Tashowwuf dapat mengantar sampai pada   mengosongkan hati dari hal-hal selain Alloh dan menghias hati dengan menyaksikan Dzat Yang Maha Raja Yang Maha Pemaaf tersebut.
7-    Nisbat / Hubungannya  : Tashowwuf adalah asal atau landasan bagi semua ilmu sedangkan selain tashowwuf adalah cabang, Hubungan Tashowwuf pada bathin seseorang sama dengan hubungan Fiqih    pada keadaan lahir seseorang.
8-    Wadli' / Yang meletakkan dasar tashowwuf  :  Para Imam yang tertentu yang ma'rifat pada Tuhan Yang Pemberi Anugrah.
9-    Istimdad / Landasan Tashowwuf :  Kalam Alloh dan Sunnah Rasululloh serta para orang yang memiliki yaqin dan ma'rifat.
   10- Masail / Masalah-masalahnya :  Tuntutan-tuntutan tashowwuf itu                              .         sendiri.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman