ZIARAH QUBUR ( 10 )

. . Tidak ada komentar:

ZIARAH  QUBUR  ( 10 )

Penziarah mungkin juga dapat berwawancara langsung dengan ahli qubur dan bisa juga mendapatkan sesuatu yang tidak semua   orang bisa mendapatkannya .
Diriwayatkan secara mutawatir bahwa Al Quthub Al Rifa’i  RA    pada saat berziarah ke qubur Rosululloh SAW , Beliau mengucapkan            2 bait syi’ir  bahar Basith :
فِيْ حَالِ بُعْدِيَ رُوْحِيْ كُنْتُ أُرْسِلُهَا    تُقَبِّلُ الْاَرْضَ عَنِّيْ وَهْيَ نَائِبَتِيْ
وَهٰذِهِ دَوْلَةُ الْأَشْبَاحِ قَدْ حَضَرَتْ    فَامْدُدْ يَمِيْنَكَ كَيْ تُحْظٰى بِهَا شَفَتِيْ
“ Tatkala kami dalam keada’an jauh dari Engkau , kami lepaskan nyawa kami sebagi ganti raga kami menyucup bumi yang jauh dari kami, Kini kami datang dengan segenap raga kami , maka julurkanlah kiranya tangan kananMu agar bibirku mendapat bagian untuk menyentuh tanganMu 
Maka Rosululloh menjulurkan tangan kanannya yang mulya lalu Syekh Rifa’i menyucupnya  dan hal ini disaksikan oleh orang-orang ‘arif yang hadlir  (Tanwirul Qulub : 45).

 As Syekh Shodiq bin Mushlih al Hajari berziarah ke maqam Sayyid  Qosim bin Sayyid ‘Ali Rohmatulloh bin Sayyid Ibrohim As Samarqondi, ketika berada di pintu masuk , beliau mundur sejenak lalu masuk kemudian membaca tahlil dan do’a dengan singkat . Salah satu dari 3 santri yang mengikuti bertanya :
"Mengapa Syekh membaca tahlil dan do’a singkat   amat ?",   
Beliau menjawab :
"Barusan saja Sayyid keluar untuk pertemuan dengan para wali".
Santri tersebut lalu berkata dalam hati :

"Benarlah apa yang ditulis oleh Hujjatul Islam Al Ghozali dalam kitabnya Ihya’ulumiddin juz 4 halaman 475 , juga apa yang ditulis oleh Al Imam Abi ‘Abdillah Muhammad bin Abi Bakr Ibnul Qoyyim dalam kitabnya        Ar Ruuh halaman 24 bahwa orang-orang mati saling berziarah dengan teman-temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman