ZIARAH QUBUR ( 2 )

. . Tidak ada komentar:

ZIARAH  QUBUR  ( 2 )

Syekh `Uqoili meriwayatkan hadits dari shahabat Abi Huroiroh R.A. Berkatalah Abu Rozin :
"Ya Rosulalloh, sesungguhnya jalan kami adalah melewati orang orang mati; maka apakah kami mempunyai ucapan yang kami buat  berbicara jika kami bejalan melewati mereka ?"
 Rosululloh menjawab : Katakanlah  ,
  اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ يَا اَهْلَ الْقُبُوْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُؤْمِنِيْنَ  اَنْتُمْ لَنَا سَلَفٌ وَ نَحْنُ لَكُمْ تَبَعٌ وَاِنَّا اِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ .
Abu Rozin bertanya : "Apakah mereka mendengar ?" 
Rosul menjawab : "Mereka mendengar dan tidak bisa menjawab".
         
AL baihaqi meriwayatkan hadits dari Muhammad bin Nu`man              ( hadits mursal ) : "Siapa saja yang berziarah ke kubur ayah dan ibunya atau  salah satunya pada tiap hari Jum`at maka diampuni dosanya dan dia      dicatat sebagai orang yang baik terhadap orang tuanya".
               
Muhammad bin Ahmad AL marwazi berkata : "Kami mendengar Ahmad bin Hanbal berkata : Jika kamu masuk ke makam / quburan           maka bacalah SURAT FATIHAH dan SURAT IKHLASH serta AL MU`AWWIDZATAIN dan jadikanlah pahala bacaan tersebut untuk ahli qubur, maka sesungguhnya itu bisa sampai kepada mereka".

          Maka untuk ikhtiar, orang yang membaca Al Qur`an tersebut berdo`a sesudah selesai membacanya :      "  " اَللّٰهُمَّ أَوْصِلْ ثَوَابَ مَا قَرَأْتُهُ إِلَى فُلَانٍ
( Fulan = orang yang ia kehendaki disebut ).
               
Syekh Zainuddin bin Abd. Aziz bin Zainuddin Al Malibari berkata :
Golongan dari shohabat kita dan diikuti oleh Imam Nawawi mengatakan :  "HARAM duduk dan menginjak kuburan", sedangkan yang lainnya mengatakan : "MAKRUH jika tidak ada hajat".

( Irsyadul Ibad 34-35 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman