ZIARAH QUBUR ( 4 )

. . Tidak ada komentar:

ZIARAH  QUBUR  ( 4 )

Membaca kalimah thoyyibah bermanfa’at bagi mayyit dalam 3 keadaan:
1-    Ketika baca’an tersebut dibaca di hadapan mayyit,
2-    Ketika dibaca untuk mayyit yg telah dikubur kemudian berdo’a sesudahnya
3-    Ketika dibaca dengan niat untuk mayyit walaupun tidak dengan berdo’a sesudahnya

Rosululloh SAW bersabda :
"Dan sesungguhnya hadiah orang-orang yang hidup untuk orang-orang mati adalah DO’A dan ISTIGHFAR".  H.R.Dailami.

Disunnatkan pula membaca surat Ikhlash  11 kali kemudian berdo’a.
Disunnatkan pula meletakkan pelapah kurma atau bungan wangi di      atas kuburan sebagaimana adat yang berlaku , hal ini dilakukan oleh        Nabi  SAW.
Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa ketika Nabi berjalan     melewati 2 kuburan yang mayyitnya disiksa maka Beliau mengambil pelapah kurma lalu Beliau membelahnya menjadi 2 bagian dan Beliau meletakkan bagian-bagian tersebut pada masing-2 kuburan dan Beliau bersabda : "SEMOGA  MAYYIT-2 INI DIRINGANKAN SIKSANYA SELAMA PELAPAH INI BELUM KERING".   H.R. Bukhori dan Muslim.   ( Tanwirul Qulub : 217).

Al Hafidz Syaikhul Islam Muhyiddin An Nawawi menulis dalam       kitab AL ADZKAR, bahwa Disunnatkan bagi para penziarah agar memperbanyak membaca Al Qur’an dan dzikir serta do’a untuk para ahli qubur.

Dsunnatkan pula memperbanyak ziarah qubur para ahlil khoir dan       ahlil fadlol ( orang-orang yang solih ).
Sayyidah ‘Aisyah mencritakan bahwa Rosululloh selalu keluar pada akhir malam menuju makam Baqi’ dan memberi salam kepada ahli kubur Baqi’ serta berdo’a  :   اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِاَهْلِ الْبَقِيْعِ الْغَرْقَدِ   (Al Adzkar : 152)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman