ZIARAH QUBUR ( 5 )

. . Tidak ada komentar:

ZIARAH   QUBUR   ( 5 )  

                                                                                                                               .                                                                      
Ziarah kubur itu sebaiknya istiqomah yakni dilakukan secara rutin sebab mayyit yang diziarahi itu bisa mengetahui, mendengar     dan berharap selalu dikunjungi secara rutin.

Al Imam Al Hafidz  Abi ‘Abdillah Muhammad bin Abi Bakr yang terkenal dengan nama Ibnul Qoyyim menulis sebuah riwayat dari Fadl      bin Muwaffaq bahwa Fadl berkata  :  
"Aku berkali-kali mengunjungi kuburan ayahku,  pada suatu hari aku mendatangi janazah yang dikubur di dekat tempat ayahku, waktu itu aku punya urusan maka aku tergesa-gesa dan aku tidak mengunjungi kuburan ayahku".

Pada malam harinya aku bermimpi berjumpa ayahku, Beliau berkata : "Mengapa kamu tidak datang padaku wahai anakku ?"
  Aku bertanya : "Wahai ayah , Apakah ayah mengetahui aku ketika aku berkunjung pada ayah ?"
  Beliau menjawab :
"Iya , Aku selalu melihatmu ketika kamu muncul dari jembatan hingga kamu sampai padaku, dan kamu duduk di sampingku kemudian kamu berdiri, aku selalu memandangmu hingga kamu melewati jembatan".
( Ar Ruuh libnil Qoyyim  hal : 15 ).
 
Ibnu Abi Dunya  berceritra tentang putri Sahl ( istri Ayyub bin ‘Uyainah ) bahwa ia bermimpi berjumpa dengan Almarhum Sufyan bin ‘Uyainah ( saudara Ayyub bin ‘Uyainah ) ia berkata  :
“Semoga Alloh membalas kebaikan kepada saudaraku Ayyub. Sungguh ia banyak berkunjung padaku dan hari ini tadi juga datang padaku” .

Aku ( Ibnu Abi Dunya )  bertanya pada Ayyub bin 'Uyainah tentang kunjungannya ke makam saudaranya  ( Sufyan bin 'Uyainah ), maka ia membenarkan dan  menjawab: "Iya, aku kebelakang lalu aku pergi ke kuburan Sufyan bin ‘Uyainah".      (Ar Ruuh libnil Qoyyim hal : 17).                                     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman