ZIARAH QUBUR (6)

. . Tidak ada komentar:
                                         
ZIARAH  QUBUR (6)


Dari Al Waqidi  beliau berkata bahwa Rosululloh SAW setiap HAUL  (setahun sekali) ziarah ke makam para syuhada’ perang Uhud . Ketika Beliau sampai di tempat yang bernama Sya’b, Beliau mengeraskan suara dan berseru :
 سلام عليكم بما صبرتم فنعم عقبى الدار  
Keselamatan tetap bagimu atas kesabaranmu , alangkah baiknya tempatmu di alam akhirat .
Sayyidina Abu Bakar Assshiddiq  juga melakukan seperti itu, demikian pula Sayyidina ‘Umar bin Khotthob dan Sayyidina ‘Utsman bin ‘Affan  Rodliallohu ‘anhum . (Syarhus shudur  92 / Tahlil dalam perspekti Al Qur’an dan Sunnah 79).

Seorang tokoh shufi, Malik bin Dinar bercerita : Pada  malam Jum’at aku masuk ke sebuah makam ,
Tiba-tiba aku melihat sinar terang maka aku berkata : "Laa ilaaha illa llooh , kami yaqin bahwa Alloh telah mengampuni pada ahli qubur"
Lalu aku mendengar suara hatif , ia mengatakan  "Wahai Malik bin Dinar, Sinar yang terang ini adalah hadiah dari orang mu’min kepada saudara-saudaranya yang telah meninggal".
Aku berkata :  "Demi Dzat Yang Membuat kamu berbicara , apakah hadiah yang engkau sebut itu ?"
Suara itu menjawab: "Seorang laki-laki dari golongan orang-orang mu’min berdiri malam ini, ia menyempurnakan wudlu dan sholat 2 roka’at dan membaca surat Al Kafirun dan Al Ikhlash  lalu berdo’a, "Wahai Tuhan Aku berikan pahala sholat ini kepada ahli qubur dari orang-orang mu’min" maka Alloh memberikan kepada kami sinar , cahaya , keluasan kubur dan kebahagiaan di timur dan di barat.
(Ittihafus sadati muttaqin juz 10 hal. 372 / Tahlil dalam perspektif Al Qur’an  66).

Imam Nawawi berkata :  Telah kami riwayatkan dalam Sunan            Al Baihaqi dengan sanad yang hasan bahwa Ibnu ‘Umar  mensunnahkan membaca awwal dan akhir  dari surat Al Baqarah di atas qubur setelah mayyit  selesai  dikebumikan ( Al Adzkar  206)                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman