ZIARAH QUBUR ( 7 )

. . Tidak ada komentar:

ZIARAH  QUBUR   ( 7 )

Ziarah kubur para Wali atau bala tentra Tuhan bermanfa’at ganda  :
1-    I’tibar yakni berfikir  tentang akhir kehidupan dan kuburan
2-    I’tibar  terhadap riwayat hidup Wali dalam jihadnya yang universal
3-    Membaca kalimah-kalimah thoyyibah dan mendo’akannya
4-    Menaruh jasa serta mengharap tashorrufnya yang bagus dan abadi

Kebebasan dan kekuasaan para Wali dalam bertindak serta karomahnya sesudah kematian mereka   ditulis oleh  Al Imam Al ‘Allamah Ahmad bin Muhammad As Syariif Al Hamawi dalam kitabnya  (نفحات القرب والاتصال )
"Bahwa Sesungguhnya para Wali dapat tampak dalam rupa yang banyak sebab kekuatan ruhaniyah  mengalahkan jasmaniyah mereka “.

Kesohihan keterangan bahwa para wali dapat tampak bagi  orang-orang   yang menghendaki bertemu serta mengambil keloberan manfaat sesudah kematian para Wali tersebut ditulis oleh Al Imam Al ‘Allamah As Syariif   Al Jurjani  dalam kitabnya ( شرح المواقف  ).
Dalam tafsir surat Yusuf Para Jumhurul mufassirin menjelaskan           adanya keleluasaan bertindak dan memberi syafaat dengan ruhaniyah       oleh para Wali  sebagaimana ruhaniyah Nabi Ya’qub mendatangi Yusuf       di kamar Zulaikha :
وَلَقَدۡ هَمَّتۡ بِهِۦۖ وَهَمَّ بِهَا لَوۡلَآ أَن رَّءَا بُرۡهَٰنَ رَبِّهِۦۚ كَذَٰلِكَ لِنَصۡرِفَ عَنۡهُ ٱلسُّوٓءَ وَٱلۡفَحۡشَآءَۚ إِنَّهُۥ مِنۡ عِبَادِنَا ٱلۡمُخۡلَصِينَ ٢٤
Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih


Dinuqil dari Al ‘Allamah As Safiiri Al Halabi dalam Syarah Bukhori bahwa Syetan tidak bisa menyerupai rupa Nabi SAW  sebagai mana tidak bisa menyerupai rupa Wali yang  telah  sempurna . (Tanwirul Qulub 518 – 520)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Situs Ini

Situs web ini merupakan situs web resmi Pondok Pesantren Sunan Sendang - Roudhotuttullab - Sendang Duwur. Semua konten tulisan insyaAllah ditulis secara langsung oleh Romo Yai Salim Azhar, tanpa mengurangi dan menambahi redaksi apa pun.

Bagi alumni atau siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pesantren, silakan hubungi langsung Romo K.H. Salim Azhar di bagian Kontak Kami.

Arsip Situs

Label

Total Tayangan Halaman